Saturday, August 17, 2013

8 Kuliner Khas Bogor

1. Roti Venus/Roti Unyil
roti venus 150x150 8 Kuliner Khas Bogor yang Menggugah SeleraMungkin anda sudah banyak yang mengenal yang satu ini. Roti venus atau lebih dikenal dengan roti Unyil adalah kuliner pertama yang wajib anda coba saat singgah di Bogor. Karena tidak sedikit para artis maupun orang terkenal yang mencicipi kue Unyil ini kemudian merasa ketagihan. Roti Unyil terdiri dari berbagai varian seperti roti jagung, roti abon, roti sosis, roti keju, dan lain-lain dan sengaja dibuat lebih kecil dibandingkan roti pada umumnya. Meskipun ukurannya mini jangan bilang rasanya serba mini, karena sekali mencicipi kue Unyil dijamin lidah anda akan ketagihan karenanya.
2. Asinan Gedung Dalam
asinan 150x150 8 Kuliner Khas Bogor yang Menggugah SeleraAsinan Gedung Dalam atau asinan Bogor, inilah makanan yang sering banyak dicari orang luar Bogor baik sebagai oleh-oleh maupun dimakan langsung. Terdiri dari tiga macam asinan yaitu asinan buah, asinan sayur, dan asinan campur dengan kuah asinannya yang segar dan tidak bisa didapatkan di tempat lain selain Bogor.


3. Gepuk Karuhun dan Ikan Balita
gepuk karuhun 150x150 8 Kuliner Khas Bogor yang Menggugah SeleraMakanan khas Bogor yang satu ini belakangan sedang menjadi primadona pengunjung Bogor. Banyak orang yang berkunjung ke Bogor mulai memburu makanan khas Bogor yang satu ini. Gepuk Karuhun adalah kuliner khas Bogor yang diolah berdasarkan resep warisan turun-temurun dan hingga sekarang belum diubah komposisi pengolahannya. Oleh karena itulah gepuk ini dinamai “Karuhun” yang berarti “leluhur”.
Sedangkan Ikan Balita adalah ikan mas kecil-kecil yang digoreng garing dan renyah. Bisa disantap sebagai makanan pendamping atau sebagai cemilan yang nikmat.
4. Macaroni Panggang
makaroni panggang 150x150 8 Kuliner Khas Bogor yang Menggugah SeleraIni dia makanan khas Bogor yang menjadi serbuan wisatawan ibukota saat datang ke Bogor. Makaroni ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Makaroni Panggang Biasa dan Makaroni Spesial. Untuk Makaroni Spesial, makaroni diisi dengan jamur hioko dan smoked beef. Tersedia 3 pilihan ukuran yang bisa dipilih, yaitu small, medium, dan large.

5. Cup Cakes Bogor
cup cakes1 150x150 8 Kuliner Khas Bogor yang Menggugah SeleraSelanjutnya ada Cup Cakes enak di bogor. Rumah Cupcakes terletak di jalan sangga buana no 4, tidak jauh dari Macaroni Panggang. Jenis cupcake yang dijual di Rumah Cupcakes diantaranya blueberry cupcake, strawberry cup cake, triple chocolate cupcake, cashew butter cupcake, blueberry chiz, dan juga pickles cupcake.
Menempati rumah tua peninggalan zaman kolonial yang bercat putih, rumah cupcakes menyuguhkan interior yang menawan dengan furniture yang serba putih. Etalase yang menyajikan beberapa aneka kuliner membuat kita bingung memilih kudapan yang akan berpindah tempat ke perut kita.
 6. Pia Apple Pie
pia apple pie 150x150 8 Kuliner Khas Bogor yang Menggugah SeleraApple saat ini mulai juga banyak digandrungi masyarakat. Mendengar namanya saja mungkin sudah membuat lidah ngiler. Selain Apple Pie ada pula jenis Pie lain seperti Nanas, Raisin, Blueberry, Daging dan lain-lain.
Walaupun kedai Apple Pie terbilang kecil tetapi hal ini tidak menyurutkan niat pengunjung yang terutama berasal dari luar Kota Bogor untuk mampir dan merasakan nikmatnya hidangan ini.
7. Toge Goreng/Geco
toge goreng 150x150 8 Kuliner Khas Bogor yang Menggugah SeleraGeco atau toge dan tauco merupakan nama asli dari toge goreng. Meskipun tidak terlihat mewah namun makanan khas Bogor ini akan membuat lidah anda bergoyang. Anda dapat menemukan toge goreng ini disekitar jalan Surya Kencana hingga Sukasari. Dengan harga yang sangat terjangkau toge goreng khas Bogor ini akan sangat nikmat jika disantap dalam cuaca dingin Bogor.

8. Es Pala Bogor
es pala 150x150 8 Kuliner Khas Bogor yang Menggugah SeleraKenyang dengan makanan khas Bogor yang begitu nikmat dan menggoyang lidah. Tidak akan lengkap rasanya jika tidak mencicipi minuman yang satu ini. Es Pala Khas Bogor, minuman ini konon sudah ada sejak zaman kompeni (VOC). Minuman ini berbahan dasar pala, gula, garam, air dan es batu. Menurut ahli teknologi pangan, buah pala mempunyai khasiat yang luar biasa, bisa membantu menyembuhkan orang yang susah tidur, memperlancar pencernaan, mengatasi rasa mual dan muntah, mencegah masuk angin, bisa juga untuk menyembuhkan rasa nyeri saat datang bulan.

2 comments: