Tuesday, August 27, 2013

Hewan Yang memiliki Kekuatan Ghaib

1. Kucing Hitam 

Kerap kali hal yang bersifat magis alias ghaib, yang dimensinya sulit dijangkau rasio dan pikiran, berbenturan dengan kehidupan nyata manusia. Namun, hal tersebut malah banyak di gemari oleh sebagian banyak orang, karena di dalamnya mengandung unsur-unsur horor dan magis.

Kehadiran Kucing Hitam sering dijumpai dalam tayangan film horor. Sosok ini biasanya dijadikan sebagai latar atau figuran dalam cerita film-film tersebut. Aksesoris kucing hitam pun sering muncul dalam acara yang berkaitan dengan dunia mistis, seperti menjelang malam Halloween, simbol kucing hitam dijual dalam bentuk boneka kecil atau gantungan kunci.

Binatang hitam bermata menyala pada waktu malam hari ini, selalu dikaitkan dengan dunia sihir atau magic. Sebagian masyarakat percaya, bahwa kehadiran kucing hitam selalu di identikkan dengan datangnya bangsa lelembut atau hantu. Biasanya, kucing hitam tak datang di sembarang tempat dan waktu. Hanya di tempat-tempat sepi yang membuat munculnya kucing hitam.

Kehadiran kucing hitam adalah pertanda keangkeran. Dimana kucing hitam dijumpai, pasti di sekitar lokasi tersebut sedang ada hantu atau bangsa lelembut lain yang tengah melakukan penampakan atau sekedar melintas.


Mitologi

Kepercayaan akan kucing hitam bermula dari sejarah zaman Babylonia kuno dulu. Saat itu kucing hitam dipersembahkan dalam upacara ritual untuk dibakar bersama sesajian lainnya. Mitos ini timbul karena ada seekor kucing hitam yang tidur di tengah-tengah seekor ular dengan pulasnya, padahal saat itu ular merupakan lambang dari kejahatan.

Pemahaman ini terus berkembang hingga abad pertengahan. Di Jerman, ada kepercayaan, bahwa apabila ada seekor kucing hitam yang lompat ke tempat tidur orang sakit, kematian akan datang pada orang yang sakit itu.

Lain lagi dengan kepercayaan orang Normandia, mereka percaya apabila dalam perjalanan melihat seekor kucing hitam yang sedang menyeberang pada tengah bulan purnama, maka akan terserang suatu epidemik.

Masyarakat Finlandia percaya, bahwa kucing hitamlah yang membawa jiwa manusia ke alam baka.

Di China, kehadiran seekor kucing hitam merupakan pertanda, bahwa mereka akan terkena penyakit atau akan jatuh miskin.



Ceritanya sedikit berubah di tempat lain, di India, jiwa yang bereinkarnasi dapat dibebaskan dengan melempar kucing hitam ke api. Ada satu legenda dari Bengali, bahwa ada seorang wanita yang dapat merubah jiwa manusia menjadi seekor kucing hitam, dan setiap kucing hitam yang disakiti akan menyakiti wanita itu juga.

Masyarakat Celts percaya, bahwa kucing hitam dapat memprediksi masa depan kehidupan.

Druids pada masa Inggris kuno percaya, bahwa kucing merupakan jelmaan seseorang yang berbuat jahat di masa lalunya, kemudian di hukum menjadi seekor kucing hitam. Salahkan para druids, karena merekalah yang telah menghubung-hubungkan kucing hitam dengan Halloween, hantu, dan para penyihir.

Ada juga kepercayaan lain, yang mengatakan bahwa kucing hitam ini merupakan salah satu penyamaran para penyihir. Walaupun tidak ada saksi yang pernah menyaksikan ada penyihir yang berubah menjadi seekor kucing hitam atau seekor kucing hitam yang berubah menjadi seorang penyihir, tetapi mereka mengatakan, bahwa suatu hari mereka menyakiti seekor kucing hitam dan kucing hitam itu terluka, dan keesokan harinya mereka menemukan luka yang sama di tempat yang sama kucing itu terluka pada seorang wanita.

Kepercayaan lain mengatakan, bahwa kucing hitam adalah partner para penyihir untuk menyelesaikan perbuatan jahat mereka. Mereka akan terbang dengan sapu lidi mereka dan mulai membuat keributan, tetapi kepercayaan yang satu ini diakhiri dengan memberikan mereka permen-permen yang manis untuk mengantisipasi para penyihir itu agar tidak membuat keonaran.

2. Babi hutan / celeng

Hewan yang satu ini terkenal karena dekat dengan ritual pesugihan yang disebut babi ngepet, selain itu hewan ini erat hubungannya dengan ritual santet dan ilmu kekebalan.

PULAU Jawa, terdapat banyak tempat pemberi pesugihan. Makam keramat, gua angker, pohon wingit, sendang ajaib, misalnya, sering dianggap jadi ‘pemberi’ harta. Masing-masing tempat, punya ‘cara’ dan syarat rata-rata hampir sama. Pandansigegek tak jauh dari Parangkusuma Jogyakarta, kondang jadi tempat cari pesugihan. Sejak zaman dulu, tempat itu dipercaya sebagai gudang tuyul pesugihan. Bisa dipungut salah satu, tapi dengan syarat tertentu.
Dusun Dlepih Kahyangan, Tirtomoyo, Wonogiri, ada semacam petilasan dari Panembahan Senopati yang juga jadi tumpuan para pencari pesugihan. Petilasan itu hingga kini dibanjiri peziarah dari berbagai daerah. Begitu pula Pantai Slamaran, Pekalongan dan Pemandian Kera Mendit, Malang Jawa Timur.
Tapi tempat mencari pesugihan yang paling kondang di Indonesia adalah Gunung Kawi! Begitu populernya tempat ngalab berkah ini, maka peziarahnya datang dari seantero Nusantara.
Ada ilmu pesugihan yang dikenal dengan ‘babi ngepet’. Di Jawa Timur, biasa disebut ‘celeng kresek’. Untuk menggasak harta tetangga, si pelaku minta bantuan celeng jadi-jadian. Biasa beroperasi siang malam.
Pesugihan celeng kresek terletak di daerah Watudodol, di kawasan hutan lindung antara Banyuwangi dengan Situbondo Jawa Timur. Siapa saja bisa mendapat pesugihan ‘celeng kresek’ di situ.
Sesajinya berupa kembang telon, minyak zafaron dan secawan darah ayam cemani. Kemudian ditaruh di bawah sebuah pohon paling besar terdapat di situ.
Jika anda tertarik,datanglah 7 hari sebelum hari ritual yang sudah ditentukan,sebelum datang, buat janji dahulu dengan juru kunci yang akan membantu & membimbing anda dalam proses ritual  celeng kresek, bila doa anda terkabul, celeng gaib itu akan muncul. Setelah berlangsung ‘dialog’ apa yang dikehendaki, ambillah air liurnya.
Di rumah, air liur dibasuhkan pada anak belum mencapai akhil baliq. Anak siapa pun bisa. Tak lama, anak itu akan meninggal sebagai lebon (tumbal).
Kalau hal itu tak terpenuhi, maka yang bersangkutan sendiri yang mati. Tapi bila sudah ada lebon, ‘celeng kresek’ akan membantu mencari uang. Setiap 35 hari sekali, ‘celeng kresek’ harus diberi sesaji darah ayam cemani.

3. Ayam Cemani

Ayam cemani memiliki ciri khusus yakni 99,5 % warnanya hitam, oleh sebab itu karena ayam memiliki ciri yang demikian maka calon penggemar atau penggunanya di memanfaatkan sebagai salah satu syarat ritual tertentu agar kehendaknya tercapai dengan mengorbankan atau memakai ayam cemani sebagai syaratnya, selain ayam juga di anggap keramat mempunyai daya ghaib.
Sebenarnya ayam ini tidak berbeda dengan ayam ayam sejenisnya, namun karena ayam di yakini oleh sebagian orang untuk acara ritual, maka harganya bisa melejit bahkan, serta banyak di buru. Keberadaan ayam cemani yang memiliki warna hitam baik di kaki, mata, jengger, bulu, kulit, tulang kuku, merupakan bagian yang cukup unik. Lebih menjadi perhatian ayam cemani yang berkualitas memiliki warna darah hitam kelam.
Dengan kombinasi darah dan warna yang mencolok ini, lantas pula di pandang oleh segolongan orang tertentu bahwa ayam di yakini ada daya magis sehingga banyak yang memburunya bahkan harga ayam yang serba hitam tersebut dapat meroket hingga puluhan juta Rupiah.
Ayam cemani merupakan ayam yang memiliki dominan warna hitam, di kuku, kulit, bulu, paruh, mata, daging, tulang, dan lidah, bahkan berdarah hitam. Ayam ini oleh kalangan tertentu diyakini memiliki kekuatan magis sehingga banyak di cari. Ayam Cemani awalnya di miliki oleh orang Jawa tengah yakni Magelang yang dulu masuk karesidenan Kedu.

 4. Perkutut
 
Sejak jaman dahulu kala burung perkutut sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia, khususnya oleh masyarakat Jawa, burung perkutut merupakan salah satu klangenan yang memiliki suara yang khas dengan suaranya yang, merdu mendayu – dayu, enak didengarkan.
Namun pada masa itu burung perkutut masih sebagai klangenan bagi kaum bangsawan saja, terutama bangsawan Kraton Ngayogyakarto Hadininggrat. Dengan demikian burung perkutut merupakan salah satu hewan yang mempunyai daya Magis dan Kharisma tinggi bagi pemiliknya.
Di Jawa, burung perkutut juga termasuk salah satu rerangken ( rangkaian ) di dalam falsafah Jawa.
Falsafah Jawa yang dimaksud di atas ‘Ponco Broto’ yaitu :
1. Wismo ( Rumah )
2. Garwo ( Istri )
3. Turonggo ( Kuda )
4. Kukilo ( Bururng )
5. Curigo ( Keris )
      Kukilo yang dimaksud disini adalah burung Perkutut bagi kehidupan manusia, Maka penjelasan di tulisan ini hanya sekitar perkutut dan rentetnya.
Dahulu konon kabarnya ada mitos bahwa burung perkutut ada dua ( 2 ) jenis ( kriteria ) burung perkutut yang baik untuk dipelihara dan juga ada burung perkutut yang tidak baik untuk dipelihara.
Burung perkutut yang Baik untuk di pelihara antara lain :
a. Perkutut Satrio Pinanjungan : Perkutut  ini yang ada Bulu Putihnya di atas ke dua kelopak matanya.
b. Perkutut Rojo Wono ( Kembar ) : Yaitu burung perkutut yang mempunyai Bulu Lurik di dadanya antara kiri dan kanan nyambung serta menyatu tidak putus.
c. Perkutut Gendong : Yaitu burung perkutut yang ada Bulu Putihnya tepat di atas punggungnya.
Ketiga jenis burung perkutut diatas Baik untuk di pelihara yang senantiasa akan membawa ketentraman dan mendatangkan rezeki bagi pemiliknya.
Sedangkan burung perkutut yang kurang baik untuk di pelihara antara lain :
a. Perkutut Buntel mayit : Yaitu burung perkutut yang bulu ketiaknya ada satu bulu putihnya.
b.perkutut Bromo Sulur : Yaitu burung perkutut ini kalau malam hari di duburnya ada Phospor semacam cacing     yang berwarna ke merah merahan seperti bara api.
c. Perkutut Sogok ( Sujen terus ) : Burung perkutut ini salah satu bulu ekornya berwarna putih.
d.Perkutut Bromo Kokop : Burung perkutut ini air minumnya selalu habis.
Konon kabarnya jenis burung perkutut tersebut di atas jika dipelihara akan mendatangkan petaka.


5.Burung derkuku/deruk

Burung ini selain enak didengarkan sebagai burung klangenan juga mempunyai daya magis sebagai pagar ghaib. Seperti halnya perkutut burung derkuku sangat peka terhadap aktivitas ghaib, jika burung derkuku bunyi di tengah malam diartikan sedang menangkap sinyal sinyal ghaib. jika burung ini bernyanyi pada pagi sepanjang hari maka pertanda akan mendapat rejeki seperti halnya burung perenjak sebagai pertanda akan kedatangan tamu besar.

No comments:

Post a Comment